ASAL USUL DESA BUDDAN
Tidak ada tempat yang tidak memilki cerita begitupun dengan desa yang berada di Kecamatan tanah Merah ini. Kecamatan Tanah Merah memiliki 23 Desa salah satunya adalah Desa Buddan. Desa Buddan ini memiliki 7 Dusun yang terletak memanjang. Mengungkap sejarah Desa Buddan adalah suatu kegiatan yang sangat sulit dikarenakan Tokoh-tokoh masyarakat banyak yang tidak mengetahuinya dan para sesepuh yang mengetahui sejarah Desa Buddan sudah banyak yang meninggal dunia, namun berkat adanya referensi-referensi yang ada, sedikit-demi sedikit kami bisa menggali sejarah Desa Buddan ini. Zaman dahulu para sesepuh yang memberikan nama pada desa-desa yang ada di daerah madura barat tepatnya di Kabupaten Bangkalan hanya sebatas dari mulut ke mulut saja dan dengan adanya kesepakatan bersama, tanpa ada suatu data yang tertulis dan valid, sehingga terdapat beberapa pendapat yang berbeda mengenai sejarah Desa Buddan yang masih simpang siur.
Terdapat dua versi mengenai sejarah Desa Buddan, salah satu menebutkan bahwasannya awal mula terbentuknya Buddan berkaitan dengan sejarah desa pada zaman dahulu. Beliau mengatakan bahwa pada zaman dahulu akan muncul sebuah peperangan di kawasan Buddan, kemudian sang ratu keluar dari kumpulan orang yang berperang, dimana sang ratu tersebut keluar dengan keadaan berdandan dan  berpakaian yang  bagus, dengan keluarnya sang ratu tersebut semua prajurit peperangan terpesona dengan kecantikan sang ratu tersebut, sehingga dari kejadian tersebut diangkatlah sebuah nama “BUDDAN” yang berasal dari kata “ DANDAN” yang artinya berias.
Versi yang kedua mengatakan bahwasannya asal usul nama “BUDDAN” berasal dari sebuah cerita zaman dahulu kala kawasan daerah Buddan ini ditempati oleh mayoritas orang- orang yang beragama Budha, akan tetapi mereka bertempat dibagian utara Desa tepatnya didaerah yang berdataran tinggi, para penganut agama budha hidup terpisah dengan adanya batasan masyarakat yang lain. Orang pada zaman dulu di kenal sebagai orang yang memiliki kemampuan luar biasa diatas rata-rata orang pada umumnya bisa juga disebut dengan orang yang sakti. Masyarakat yang beragama budha tersebut hidup dalam suasana yang sama yaitu kepercayaan mereka hanya kepada orang yang sakti. Warga masyarakat Buddan pada waktu itu sangan patuh sekali pada orang yang sakti bahkan mereka menjadi pengikut orang sakti tersebut. Selama masa tersebut tidak ada satu orangpun yang dapat mengalahkan mereka, sehingga Desa tersebut sampai saat ini di sebut dengan Desa Buddan yang menggambarkan tempat tinggal orang-orang Budha.
            Menurut uraian diatas, kita dapat mengetahui asal mula desa Buddan dengan dua versi tersebut, tanpa adanya sebuah deskriminasi terhadap kedua versi tersebut. Hal itu terjadi karena sampai saat ini, asal mula desa Buddan hanya dituturkan dari mulut ke mulut oleh seorang narasumber (sesepuh atau tokoh masyarat)









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visi Dan Misi Desa Buddan

Mata Pencaharian Masyarakat