Sunday, August 7, 2016

Fasilitas

PELAYANAN ATAU FASILITAS DESA BUDDAN

A.PENDIDIKAN
Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan seseorang untuk memperoleh pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari.  Kita bisa memperoleh pendidikan melalui sekolah , les , diskusi, ceramah dan lain lain.
         Tingkat pendidikan bagi masyarakat Buddan sudah bisa dikatakan cukup baik karena tingkat buta aksara bagi mereka sangat minim. Hanya orang-orang tua saja yang tidak bisa membaca dan mengerti aksara. Bagi warga masyarakat Buddan yang mengetahui dan mengerti aksara, umumnya mereka memperoleh pendidikan melalui beberapa instansi yang tersedia di desa Buddan ini seperti :
  1. TK
  2. SDN BUDDAN I
  3. SDN BUDDAN II
  4. MADRASAH DINIYAH AT-TAUHID


B.MASJID
           Masjid pertama di buddan yang sekarang di sebut masjid At-Tauhid,sebelumnya sudah di renovasi empat kali terakhir pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2003.


           

C.KESEHATAN
           Lailatus Syarifah adalah sosok bidan yang begitu berpengaruh di Desa Buddan, dia merupakan satu-satunya bidan di Desa ini. Beliau bertugas di Desa ini selama 6 tahun.
         Kesadaran akan pentingnya kesehatan sudah tertanam dengan baik di Desa ini, hal ini terbukti dengan banyaknya warga yang antusisa mengikuti aktivitas yang diselenggarakan oleh bidan, diantaranya Posyandu Balita, Posyandu Lansia, Imunisasi TK-SD, Pemantauan gizi balita, Pemberian PMT.
       Seiring dengan bergesernya kebiasaan melahirkan dengan bantuan dukun. Bidan Laila juga dipercaya untuk membantu proses persalinan jika ada warga yang melahirkan. karena kesadaran warga akan pentingnya keselamatan ibu dan bayi. Penyakit yang sering menjangkit warga yakni penyakit ISPA (infeksi saluran pernafasan akut)dan Demam, “ujar ibu bidan.
       Tidak terdapat alokasi dana dari desa untuk semua kegiatan POSKESDES, akan tetapi dana berasal dari swadaya warga.

0 comments:

Post a Comment